Donderdag 04 Augustus 2016

Mesin Pencari Terpopuler di Indonesia

Mesin Pencari Terpopuler di Indonesia. Menurut Wikipedia, pengertian mesin pencari adalah adalah program komputer yang dirancang untuk melakukan pencarian atas berkas-berkas yang tersimpan dalam layanan www, ftp, publikasi milis, ataupun news group dalam sebuah ataupun sejumlah komputer peladen dalam suatu jaringan. Search engine merupakan perangkat pencari informasi dari dokumen – dokumen yang tersedia. Informasi yang menjadi target pencarian bisa terdapat dalam berbagai macam jenis berkas seperti halaman situs web, gambar, ataupun jenis-jenis berkas lainnya (https://id.wikipedia.org/wiki/Mesin_pencari_web).

Dewasa ini semakin banyak search engine didunia maya. kalau dihitung mungkin bisa puluhan atau bahkan ratusan mesin pencari yang masing – masing bersaing agar di pakai pengguna internet dengan menawarkan fitur yang sangat menarik. Ini menjadi berkah buat netter, karena dengan begitu akan semakin banyak pilihan dalam pencarian. sampai dengan tulisan ini di publish.
Image result for mesin pencari web
Mesin Pencari Terpopuler di Indonesia

Di Indonesia sendiri, cukup banyak search engine yang cukup populer dengan Google berada digaris depan. Untuk itu kali ini Wongcungkup akan berbagi tentang beberapa Mesin Pencari Terpopuler di Indonesia, diantaranya sebagai berikut :

1.  Google

Google adalah perusahaan asal Amerika Serikat yang didirikan oleh Larry Page dan Sergey Brin. Google berdiri mulai pertengahan 1998 tepatnya  7 September 1998. Awalnya, nama Google muncul akibat kesalahan eja dari kata Googol, yang berarti angka satu yang diikuti 100 angka nol. tujuannya adalah untuk mengelola sebanyak mungkin informasi di dunia. Layanan mesin pencari ini terkenal dengan tampilan halaman putih dengan tulisan logo berwarna – warni. Google memiliki layanan pencarian kata kunci audio, gambar, video, peta, berita, dan instant search.

2. Yahoo

Yahoo adalah search engine yang berpusat di Sunnyvale, California, Amerika Serikat yang dioperasikan oleh perusahaan yang bernama yahoo!inc. yahoo mulai berdiri pada awal tahun 1994. Sebelumnya yahoo merupakan mesin pencari paling populer didunia sebelum digeser oleh google. Selain merupakan mesin pencari, yahoo juga terkenal dengan Yahoo! Directory, Yahoo! Mail, Yahoo! News, Yahoo! Finance, Yahoo! Groups, dan Yahoo! Answers.

Yahoo! adalah sebuah portal web populer yang dioperasikan perusahaan yang bernama Yahoo! Inc.. Yahoo! pada awalnya hanyalah semacam bookmark (petunjuk halaman buku), ide itu berawal pada bulan April 1994, di mana saat itu dua orang alumni Universitas Stanford mendapat liburan ketika profesor mereka pergi ke luar kota karena cuti besar.

3. Bing

Bing merupakan perusahaan milik microsoft. Bing beberapa kali berganti nama dari Live Search, Windows Live Search sampai dengan MSN Search. Bing diluncurkan ke publik pada tanggal 1 Juni 2009 di San Diego, Amerika Serikat. Bing diciptakan dengan menggunakan teknologi PowerSet. Teknologi ini memungkinkan pengguna untuk memperoleh hasil pencarian yang lebih akurat. Pada tanggal 29 Juli 2009, Bing telah bekerjasama dengan mesin pencari Yahoo, dimana Bing akan menggerakkan Yahoo! Search.

4. Ask

Ask adalah sebuah mesin pencari yang berdiri sejak tahun 1996 oleh Garret Gruener dan David Warthen di California, USA. sebelumnya Ask dikenal dengan nama Ask Jeeves. Situs ini memiliki cara kerja yang mirip google, dimana memiliki kemampuan untuk menguraikan data lebih banyak serta menampilkan link lain yang masih memiliki hubungan yang relevan.

5. Baidu

Baidu merupakan mesin pencari yang dikembangkan Robin Li dan Eric Xu pada tahun 2000 yang berpusat di Beijing, China dengan menggunakan rumus algoritma serupa dengan Google, yaitu page ranking. Selain bisa mencari situs, mesin ini mampu mencari gambar, video, dan lagu-lagu berformat MP3. Belakangan, perusahaan ini mengembangkan ponsel bermerek Changhong, yang memasang layanan mesin pencari ini pada perangkat mereka.

Geen opmerkings nie:

Plaas 'n opmerking