Saterdag 20 April 2013

Jurnal Ilmiah Online Profile Dosen Alumni About Jaringan Kampus PalComTech Support Email Login UKM STMIK-POLTEK PalComTech rss facebook twitter Pembuatan Buku Besar Akuntansi dengan Menggunakan MS. Excel

Membuat laporan keuangan dengan menggunakan aplikasi Microsoft Excel adalah sesuatu yang mudah. Pada umumnya , penggunaan aplikasi excel digunakan pada saat pembuatan neraca lajur. Namun tidak salah jika kita memanfaatkan aplikasi excel dari awal , dari posting pertama kali ke buku besar .Tujuan dari pada ini agar pencatatan Laporan Keuangan menjadi lebih rapi.
Langkah – langkah yang bisa dilakukan adalah sebagai berikut :

Langkah 1

Bukalah program Microsoft excel. Lalu Mulailah membuat lembar kerja untuk semua rekening pada buku besar. Di sini saya membuat Buku Besar Kas terlebih dahulu .Buatlah 1 Tabel pada lembar kerja excel .

langkah 2

Masukkan setiap transaksi per tanggal dan nama perkiraan masing –masing di kolom debet atau kredit . berikut contoh transaksi, buku besar masing masing perkiraan.

Langkah 3

Nah Sekarang untuk mendapatkan nilai total kolom debet dan kredit adalah dengan menjumlahkan masing-masing kolom debet dan kolom kredit dengan mengunakan rumus.
Pada gambar di atas, Letakan kursor pada sel E13
Masukkan rumus =SUM(sorot Debet baris 5 sampai Debet baris 11) kemudian enter. Hasilnya 67.000.000.
Untuk mendapatkan hasil jumlah Kolom Kredit lakukan hal Serupa dengan cara sebelumnya
  • rumus =SUM(sorot Kredit baris 5 sampai Kredit baris 11)hasilnya  31.000.000
Masukkan rumus untuk menghitung jumlah saldo debet dan jumlah saldo kredit.
  • Menghitung saldo debet
Logika rumusnya , jika jumlah debet  > jumlah Kredit , maka Saldo Debet = jumlah Debet -  jumlah Kredit. Letakan kursor pada sel saldo debet , maka rumusnya = IF(E12 > F12,E12,0) hasilnya 36.000.000
Begitu juga dengan Menghitung saldo kredit
Logika rumusnya , jika jumlah kredit > jumlah debet maka saldo kredit = jumlah kredit – jumlah debet. Atau rumusnya =IF(F12>E12,F12-E12,0) Maka hasilnya adalah nol karena bagian debet jumlahnya lebih kecil dari pada kredit.
Kita sudah membuat 1 buku besar Kas. Untuk buku besar lainnya dikerjakan pada worksheet selanjutnya , untuk membuatnya lakukan dengan cara yang sama yaitu mengcopy table yang sudah dilakukan sebelumnya dan tinggal mengganti Transaksi per tanggal dan nama perkiraan masing –masing di kolom debet atau kredit.
Untuk pembuatan neraca Saldo Dengan Excel, kita akan bertemu pada Tutorial selanjutnya.

Dasar Akuntansi : General Ledger (Buku Besar)

Buku besar, ato bahasa Jermannya ledger itu cuma pindah''an doang dari Jurnal Umum. Inget, CUMA MINDAAHIN. Ampe salah sih keterlaluan lu. :D
Tp gapapa, dalam belajar tuh ga boleh takut salah, setuju??
Oke langsung aja deh ya.
Buku besar itu sebenernya ada beberapa jenis, tapi kali ini yg kita bahas yang paling sering dipake aja deh, yaitu bentuk T ato T-form (2 kolom).
Gini nih bentuknya
Coba deh lu peratiin, ada 2 kolom kan? Nah yang kiri itu namanya kolom debet (buat nyatet transaksi secara debit), dan yang kanan itu namanya kredit. Wess.
Apa sih buku besar itu? Buku yang gede? Kitab suci? Salah! Buku besar itu istilahnya rangkuman gitu, rangkuman dari apa? Rangkuman dari jurnal umum cuy. Lu cuma tinggal pindahin aje.
Caranya:
1. Liat transaksi
2. Masukin ke buku besar
3. Isi kolom referensi di jurnal umum
4. Ulangin cara 1 - 3 sampe transaksinya abis, Totalin, Beres. Gimane? Gampang kann?? Bilang susah gue jitak lu. Kidding. Hehe.
langsung aja deh ke contoh:

Itu kan Jurnal Umumnya. Sekali lagi kalo masi belom ngerti Jurnal Umum, Baca dulu mumpung belum terlambat. Mana tau besok kiamat. Hehe. Oke, diatas itu jurnal umumnya, terus gimana cara postingnya?

Nah itu contoh gambar buku besar bentuk T  (T form) nya. Contoh diatas itu Ledger untuk Cash.
Jadi pertama" siapin dulu buku besarnya.

Abis itu, tulis deh di ledger nya yang ada di jurnal umum. Kalo debit, kita taro di kiri, kalo kredit di kanan. Contohnya itu transaksi tanggal 1 di Jurnal Umum (selanjutnya JU aja ya, pegel ngetiknya). Tanggal 1 kan ada transaksi yang ngedebit Cash, jadi kita masukin Cash di kolom sebelah kiri. Trus di pojok kanan atas kan ada 101, apa itu 101? 101 itu nomor akunnya. Apaan tuh? Inget aja dulu, ada gunanya kok, cekidot kebawah.

Abis kita masukin ke buku besar, masukin no. referensinya aja. Sekali lagi, no referensinya aja. Liat tuh, di kolom referensi ada nomor "101". Asalnya dari mana? Asalnya tuh dari pojok kanan atas Ledger "Cash" tadi. Gimana cara nentuin no akun? Nanti gue update lagi dehh.


Next ada revenue di kredit (JU tgl 1), jadi kita masukin ke buku besar sebelah kanan lagi (gara" kredit).


Masukin lagi nomor akunnya di kolom Ref.


Jangan sampe kayak gini yaaaaa. Gara" ada yang sejenis, diposting sekaligus semua. Itu bakal bikin kemungkinan selip lebih gede. Ga percaya? Cobain dehh. Nanti kalo uda selip tolong komen dibawah. Hehe.

 Nah misalnya uda dimasukin semua transaksinya, jadi begini nih bentuk Ledgernya.

Kalo misal uda ada saldo dari bulan lalu jadi begitu.

Misal di tanggal 7 ada transaksi yang bikin cash jadi kredit, bentuknya kayak dibawah.

Tuh, karena cash nya kredit, jadi masuk di kolom sebelah kanan dehh. Akhirnya ngurangin "Ending Balance".

Gimane jadi? Uda agak terangan dikit? Itu diatas cuma contoh 1 akun yee, cash doang. Yang harus lu buat ledgernya tuh = Semua akun. Once more, SEMUA AKUN. Sukurin lu, tulis sana. Hahaha.

Oke dehh, buat nguji pemahaman, nih cobain deh yang dibawah ini. Buat jurnalnye n masukin ke Buku besar. Sekali lagi, kalo belum ngerti cara ngejurnal, ke paling atas, klik deh tulisan Jurnal Umum yang warnanya biru. Oke?? Sippp.

1 Jan
PT TUNGGAL berdiri, Tn. Haris sebagai pemiliknya menyetor dana sebesar 25 jt, perlengkapan 2 jt, peralatan 20 jt sebagai modal. PT TUNGGAL bergerak dalam jasa sedot WC.

1 Jan
Dibayar sewa gedung untuk 1 tahun sebesar 1,2 jt.

3 Jan
Diterima uang jasa sedot WC sebesar 2 jt.

5 Jan
Dibeli kendaraan senilai 10 jt.

6 Jan
Dibayar iklan untuk bulan ini sebesar 3 jt.

10 Jan
Dibeli perlengkapan sebesar 3 jt

11 Jan
Pendapatan minggu lalu ialah 10 jt.

14 Jan
Dilakukan penyedotan WC untuk Tn. Angga sebesar 3 jt. 1 jt dibayar tunai, sisanya kredit.

15 Jan
Tn. Beni membayar sedot WC sebanyak 3 kali dimuka (inget, dimuka lho, belom jadi pendapatan) sebesar 1,5 jt.

16 Jan
Meminjam 10 jt dari bank sebagai tambahan modal

17 Jan
Pendapatan minggu ini ialah 7 jt (ini diluar Tn Beni n Tn Angga)

19 Jan
Dibeli perlengkapan sebesar 5 jt

22 Jan
Dibayar sebagian utang kepada bank sebesar 2 jt, ditambah bunga 100 ribu

24 Jan
Pendapatan minggu ini adalah 8 jt

26 Jan
Dibayar gaji pegawai 3 jt

29 Jan
Tn Haris menerima dividen sebesar 1 jt

31 Jan
Pendapatan minggu ini adalah 5 jt

31 Jan
Dibayar beban air, listrik, telepon sebesar 3 jt

31 Jan
Menerima pelunasan dari Tn Angga atas piutangnya di pertengahan bulan.

* Kalo ada yang mau copas, silahkan, tapi cantumin link kesini yaa. Tq. :)

 http://accounteasy.blogspot.com/2012/10/dasar-akuntansi-general-ledger.html

Analisis Bukti Transaksi

Sasaran akuntansi adalah transaksi keuangan. Setiap transaksi keuangan harus didukung dengan bukti transaksi sehingga tidak ada pencatatan akuntansi tanpa bukti transaksi. Bukti suatu transaksi dicatat apabila transaksi yang bersangkutan sudah memenuhi keabsahan formal maupun materil. Keabsahan suatu transaksi dapat diidentifikasi (ditentukan) berdasarkan analisis bukti transaksi
Bukti transaksi suatu perusahaan secara garis besar dibedakan antara bukti intern dan bukti ekstern.
a. Bukti intern
Adalah bukti transaksi yang dibuat dan dikeluarkan oleh perusahaan yang bersangkutan, sehingga yang dijadikan sumber dan dokumen pencatatan oleh perusahaan biasanya lembar kedua (copy). Sementara lembar satu (asli) diserahkan kepada pihak luar yang terkait.
b. Bukti ekstern
Adalah bukti transaksi yang diterima perusahaan dari pihak luar yang membuat dan mengeluarkan bukti transaksi yang bersangkutan
Analisis bukti transaksi pada dasarnya meliputi kegiatan sebagai berikut :
  1. Identifikasi (penentuan) keabsahan fisik bukti transaksi, artinya menentukan pihak mana yang mengeluarkan (intern atau ekstern) serta meneliti kebenaran identitas fisik bukti transaksi yang bersangkutan;
  2. Identifikasi transaksi (transaksi apa) dan meneliti apakah transaksi dilakukan sesuai dengan prosedur yang telah ditetapkan yaitu dengan meneliti tanda tangan pihak-pihak yang terkait dengan terjadinya transaksi yang bersangkutan;     .
  3. Menentukan kebenaran penghitungan nilai uang yaitu dengan meneliti penghitungan yang dilakukan dan kebenaran penerapan metode yang digunakan serta peraturan perpajakan yang berlaku (jika transaksi terkait dengan metode dan peraturan perpajakan).
    Bukti transaksi yang telah dinyatakan absah baik secara formal maupun materil menjadi sumber pencatatan akuntansi. Sementara bukti transaksi yang telah dicatat dijadikan sebagai dokumen pencatatan. 
     
    Bukti Transaksi meliputi :

    Kuitansi
    Kuitansi adalah bukti transaksi penerimaan uang untuk pembayaran sesuatu. Oleh karena itu kuitansi dibuat dan ditandatangani oleh pihak yang menerima uang dan diserahkan kepada pihak yang melakukan pembayaran. Bagi suatu perusahaan, kuitansi yang diterima dari pihak lain merupakan bukti pembayaran (pengeluaran kas) kepada pihak yang bersangkutan. Sementara kuitansi yang diserahkan kepada pihak lain merupakan bukti penerimaan kas (uang) dari pihak yang bersangkutan. Kuitansi harus dibuat sekurang-­kurangnya dalam rangkap 2 (dua). Lembar pertama (lembar asli) harus dibubuhi materai sesuai dengan ketentuan undang-undang yang berlaku, lembar tersebut untuk diserahkan kepada pihak pembayar. Lembar kedua (copy) digunakan sebagai sumber dan dokumen pencatatan akuntansi.
    Contoh kuitansi :

    Cek
    Salah satu usaha yang dilakukan perusahaan untuk meningkatkan pengawasan terhadap kas adalah menyetorkan semua kas (uang tunai atau cek) yang diterima ke bank, disimpan dalam bentuk giro. Dalam hal demikian, perusahaan mempunyai rekening simpanan pada bank yang sewaktu-waktu dapat diambil (ditarik) atau dibayarkan kepada pihak lain dengan menggunakan cek atau bilyet giro.
    Cek pada dasarnya merupakan surat perintah kepada bank dari orang yang menandatanganinya, untuk membayarkan sejumlah uang yang tertulis dalam cek kepada pembawa atau kepada orang yang namanya ditulis dalam cek. Apabila di dalam lembaran cek ditulis nama orang kepada siapa pembayaran harus dilakukan, cek yang bersangkutan hanya bisa diuangkan ke bank oleh orang yang namanya ditulis dalam cek. Tetapi jika di dalam lembaran cek setelah kata kepada       ditulis kata tunai atau cash atau pembawa, cek yang bersangkutan dapat diuangkan ke bank oleh siapa saja.
    Lembaran cek umumnya terdiri atas lembar utama dan struk atau bonggol cek. Lembar utama untuk diserahkan kepada pihak lain sebagai alat pembayaran, sementara struk cek setelah diisi dengan data yang sarna dengan data pada lembar utama digunakan sebagai bukti tambahan yang disatukan dengan kuitansi bukti pembayaran. Seperti halnya pada kuitansi, penarikan cek dibebani bea materai yang pelaksanaannya langsung dibebankan oleh bank kepada penarik cek (nasabah).
    Di bawah ini contoh cek yang sudah diisi dan ditandatangani oleh penarik. Perhatikan, kepada bank mana cek yang bersangkutan dapat diuangkan, tanggal berapa jatuh tempo cek dan siapa yang dapat menguangkan ke bank

    Bilyet Giro
    Selain penggunaan cek, dalam dunia usaha sering ditemukan penggunaan bilyet giro sebagai alat pembayaran. Bilyet giro merupakan surat perintah dari nasabah suatu bank kepada bank yang bersangkutan, untuk memindahbukukan sejumlah uang dari rekening nya ke dalam rekening yang namanya tertulis dalam bilyet giro pada bank yang sama atau pada bank lain. Dengan demikian pihak penerima tidak bisa menguangkan bilyet giro kepada bank yang bersangkutan, tetapi harus menyetorkan kepada bank tempat rekeningnya sebagai tambahan simpanan. Penggunaan bilyet giro dalam lalu lintas pembayaran, dianggap lebih praktis dan memudahkan administrasi pada bank-bank yang bersangkutan.

    Di bawah ini contoh bilyet giro yang digunakan oleh pemegang rekening pada Bank Central Asia :

    Faktur
    Faktur (Invoice) adalah bukti transaksi pembelian atau penjualan barang dengan pembayaran kredit.

    Faktur dibuat oleh pihak penjual dan diserahkan kepada pihak pembeli bersama-sama dengan barang yang dijual. Bagi pihak pembeli, faktur yang diterima dari pihak penjual merupakan faktur pembelian yang digunakan sebagai bukti transaksi pembelian barang. Bagi pihak penjual, faktur yang dikirimkan kepada pihak pembeli merupakan faktur penjualan. Lembar kedua (copy) dari faktur yang bersangkutan digunakan sebagai bukti transaksi penjualan barang.
    Bentuk faktur yang digunakan oleh suatu perusahaan akan berbeda dengan faktur yang digunakan oleh perusahaan lainnya. Walaupun demikian biasanya faktur memuat informasi mengenai nama dan alamat pihak penjual, nomor faktur, nomor pesanan, tanggal pengiriman, nama dan alamat pembeli, syarat pembayaran dan keterangan mengenai barang seperti jenis barang, kuantitas, harga satuan dan jumlah harga.
    Contoh Faktur :


    Nota Kontan
    Nota kontan dipergunakan sebagai bukti transaksi pembelian atau penjualan yang dilakukan secara tunai. Seperti halnya faktur, nota kontan dibuat sekurang-kurangnya dalam dua rangkap. Lembar pertama (asli) diserahkan kepada pembeli, lembar kedua digunakan sebagai sumber dan dokumen pencatatan akuntansi.

    Di bawah ini contoh salah satu bentuk Nota Kontan:


    Nota Kredit/Debet
    Nota Kredit (Credit Memorandum) adalah bukti transaksi penerimaan kembali barang yang telah dijual secara kredit (retur penjualan), atau pengurangan harga faktur karena barang sebagian rusak atau kualitas yang tidak sesuai dengan pesanan. Dalam hal demikian nota kredit dibuat oleh pihak penjual dan dikirimkan kepada pihak pembeli.    _
    Dipandang dari pihak pembeli, barang yang dikembalikan kepada penjual karena rusak atau permohonan pengurangan harga faktur yang disetujui pihak penjual disebut retur pembelian. Apabila bukti transaksi tersebut dibuat oleh pihak pembeli dan dikirimkan kepada penjual, nota yang bersangkutan disebut Nota Debet.


     

Pengertian Buku Besar

PENGERTIAN BUKU BESAR

Buku Besar
Untuk mencatat transaksi yang berjenis jenis macamnya diperlukan formulir-formulir atau kartu-kartu khusus. Transaksi tersebut untuk mencatat penambahan atau pengurangan, tiap jenis aktiva/harta, utang, modal, pendapatan, dan beban. Formulir-formulir tadi dapat dibuat dalam bentuk kartu atau lembaran kertas yang disebut akun atau rekening, perkiraan. Kumpulan akun yang saling berhubungan dan merupakan satu kesatuan disebui buku besar (ledger).

Buku Besar Pembantu
Akun buku besar kadang-kadang tidak mencerminkan data secara rinci, seperti rekening Utang, Piutang dan Persediaan Barang Dagang. Untuk mengetahui Utang, Piutang dan Persediaan Barang Dagang secara rinci, diperlukan rekening-rekening lain yang dikelompokkan dalam suatu buku atau kumpulan kartu-kartu yang disebut buku besar pembantu (subsidiary ledger). Dengan demikian ada buku besar pembantu utang, buku besar pembantu piutang dan buku besar pembantu barang dagang.


BENTUK BUKU BESAR  

Bentuk Dua Kolom (skontro) ada 2 macam :
1. Bentuk T (T account)
Merupakan bentuk yang paling sederhana, menyerupai huruf T, mempunyai dua sisi yaitu sisi debet dan sisi kredit

2. Bentuk T disempurnakan (bentuk dua kolom)
Bentuk ini merupakan penyempurnaan dari akun bentuk T, sisi debet dan sisi kredit. Bentuknya sebagai berikut :

Tgl
Keterangan
Ref
Debet
Tgl
Keterangan
Ref
Debet






























Keterangan
  • Nama (judul) akun ditulis di tengah atas.
  • Setiap akun diberi nomor kode menurut sistem penomoran yang digunakan. Sisi kiri disebut sisi debet dan sisi kanan disebut sisi kredit.
  • Kolom tanggal diisi dengan tanggal terjadinya transaksi atau tanggal pemindahbukuan (posting) Kolom referens (Ref) diisi dengan narna dan nomor halaman buku dari mana data yang bersangkutan dipindahkan. Berguna untuk memudahkan penelusuran data jika terjadi kesalahan pencatatan.
  • Kolom DEBET diisi dengan jumlah yang harus didebetkan sesuai dengan bukti transaksi. Jika pemindahbukuan dilakukan secara periodik dalarn kolom debet dicatat jumlah kolektif dari beberapa transaksi yang serupa. Demikian pula untuk kolom KREDIT.
Dalam penggunaan akun bentuk dua kolom, untuk mengetahui saldo suatu akun sisi debet dan sisi kredit masing-masing harus dijumlahkan lebih dahulu. Apabila jumlah sisi debet lebih besar daripada jumlah sisi kredit, selisihnya disebut saldo debet. Apabila jumlah sisi kredit lebih besar daripada jumlah sisi debet, selisihnya disebut saldo kredit.

 
Akun bentuk Stafel ada dua macam :

1. Bentuk Tiga Kolom
Tanggal
Keterangan
Ref
Debet
Kredit
D/K
Saldo
























Cara pengisian akun bentuk tiga kolom pada dasarnya tidak berbeda dengan pengisian akun bentuk dua kolom. Dalam akun bentuk tiga kolom setiap terjadi pencatatan baik di kolom debet maupun di kolom kredit, harus diikuti dengan pencatatan saldo. Dengan demikian saldo tiap akun setiap saat dapat diketahui tanpa harus menghitung lebih dulu jumlah sisi debet dan sisi kredit.

2. Bentuk Empat Kolom

Tanggal

Keterangan

Ref

Debet

Kredit
Saldo
Debet
Kredit








               








Pengisian akun bentuk empat kolom tidak berbeda dengan akun tiga kolom, setiap terjadi pencatatan dalam suatu akun harus diikuti dengan pencatat saldo. Perbedaan terletak pada penampilan saldo. Dalam penggunaan akun bentuk empat kolom saldo suatu akun lebih jelas ditampilkan, artinya akan tampak apakah saldo debet atau saldo kredit. Walaupun dalam akuntansi sebenarnya saldo normal setiap akun sudah dapat dipastikan. Misalnya akun-akun aktiva dalam keadaan normal tidak mungkin bersaldo kredit.

BENTUK BUKU PEMBANTU

Bentuk buku besar pembantu sama dengan bentuk buku besar, dapat berbentuk skontro atau staffel. Pencatatan ke dalam buku besar pembantu dapat secara langsung dari transaksi, tetapi dapat didasarkan dari jurnal khusus.
Di sini hanya akan dibahas buku besar pembantu utang dan buku besar pembantu piutang.

Buku Besar Piutang

Toko ABC   No. 102.1
Tanggal
Keterangan
Debet
Kredit
Saldo
2000




Jan 5 Penjualan Rp 2.000.000,00
Rp 2.000.000,00
Jan 15 Pelunasan
Rp 2.000.000,00 -
Jan 29 Penjualan Rp 2.500.000,00
Rp 2.500.000,00

Toko Madura    No. 102.2
Tanggal
Keterangan
Debet
Kredit
Saldo
2000




Jan 20 Penjualan
Rp 4.000.000,00

Rp 4.000.000,00
Jan 28 Pelunasan
Rp 4.000.000,00
-







Buku Besar Utang

PT Surya     No. 201.1
Tgl
Keterangan
Debet
Kredit
Saldo
2000




Jan 2
Pembelian

Rp 3.000.000,00
Rp 3.000.000,00
Jan 12
Pelunasan
Rp 3.000.000,00

-
Jan 27
Pembelian

Rp 4.500.000,00
Rp 4.500.000,00

Toko Karimun     No. 201.2
Tgl
Keterangan
Debet
Kredit
Saldo
2000




Jan 9 Peralatan
Rp 1.000.000,00
Rp 1.000.000,00

19 Pelunasan
Rp 1.000.000,00
-
-


Peralatan dan perlengkapan yang dibutuhkan untuk mengelola buku besar dan buku pembantu adalah :
Peralatan yang digunakan untuk mengelola buku besar dan buku pembantu adalah komputer dan kalkulator
Perlengkapan yang digunakan untuk mengelola buku besar dan buku pembantu alat tulis seperti pena, penggaris dan alat tulis lainnya.




POSTING KE BUKU BESAR

Pencatatan ke  dalam Buku Besar (Posting)
  1. Pencatatan saldo awal dari data neraca awal (jika perusahaan sudah berdiri sebelum periode bersangkutan). Rekening yang ada di sisi debet neraca dicatat sebagai saldo debet dan rekening yang di sisi kredit neraca dicatat sebagai saldo kredit. Pencatatan tanggal terjadinya transaksi yang diambilkan dari tanggal transaksi pada jurnal, ke kolom tanggal rekening buku besar yang bersangkutan
  2. Pencatatan keterangan yang diambilkan dari keterangan/uraian dari jurnal ke kolom keterangan pada rekening buku besar yang bersangkutan
  3. Pencatatan jumlah debet dalam jurnal ke kolom debet rekening yang bersangkutan, dan mencatat jumlah kredit dalam jurnal ke kolom kredit rekening yang bersangkutan.
  4. Pencatatan nomor halaman jurnal ke kolom referensi (Ref) rekening buku besar yang bersangkutan
  5. Jika rekening dalam jurnal sudah dibukukan ke dalam rekening buku besar, di kolom referensi jurnal dicatat nomor kode rekening yang bersangkutan
  6. Jika digunakan rekening yang berbentuk tiga kolom atau empat kolom, carilah saldonya dengan cara membandingkan antara jumlah saldo dengan pencatatan transaksi tersebut. Pencatatan debet akan menambah saldo debet atau mengurangi saldo kredit, sedangkan pencatatan kredit akan mengurangi saldo debet atau menambah saldo kredit
Sebagai contoh pada tanggal 1 Juli 2006 cleaning service Khrisna menerima uang tunai sebesar Rp 30.000.000,00 sebagai setoran investasi Khrisna dalam perusahaannya.
Transaksi tersebut dicatat dalam jurnal umum sebagai berikut :

Jurnal Umum
Tanggal
Keterangan
Ref
Debet
Kredit
2006




Juli 1 Kas
Rp 30.000.000,00
-


     Modal Khrisna
-
Rp 30.000.000,00

Setelah pos jurnal dipindahbukukan ke dalam buku besar, dalam jurnal dan buku besar akan tampak sebagai berikut :

PENGKODEAN KOLOM REFERENSI 

Pengkodean kolom Reff dalam Buku Besar diambilkan dari Buku Jurnal pada saat transaksi dipindahkan ke Buku Besar, atau dengan kata lain bahwa pemberian kode di buku besar dilakukan saat posting dilakukan. Misalnya dalam kolom referensi (Ref) Buku Jurnal ditulis nomor 111 dan 311. Artinya data yang bersangkutan sudah dipindahkan ke dalam buku besar akun nomor 111 dan 311. Dalam buku besar akun yang di debit (Kas) dalam kolom referens ditulis JU-1 artinya data yang bersangkutan diposting dari Jurnal Umum halaman. Demikian pula untuk akun yang di kredit (Modal Khrisna).

PENYUSUNAN DAFTAR SALDO AKHIR

Penyusunan Daftar Saldo Akhir dalam Buku Besar dan Buku Pembantu

Neraca Saldo
Untuk mengetahui keseimbangan jumlah debet dan kredit rekening-rekening buku besar, perlu dibuat suatu daftar yang memuat nama-nama rekening buku besar beserta saldo masing-masing. Daftar semacam itu dinamakan neraca saldo. Sumber pencatatan neraca saldo diambil dari saldo-saldo rekening buku besar. Jika perusahaan menggunakan rekening bentuk stafel (tiga atau empat kolom), penyusunan neraca saldo tinggal mencatat saldo terakhir dari masing-masing rekening.

Jika perusahaan menggunakan rekening bentuk skontro (T account atau bentuk T yang disempurnakan), lebih dulu harus dihitung saldo dari masing-masing rekening dengan jalan menjumlahkan sisi debet dan kredit, kemudian tinggal dicari selisihnya. Jumlah dari saldo tersebut ditulis dengan pensil, maka proses penghitungan saldo ini disebut dengan pencil footing. Jumlah debet lebih besar dari jumlah kredit menghasilkan saldo debet dan ditulis di neraca saldo di sisi debet demikian juga sebaliknya.
Contoh:
Penjahit Sukses
Neraca Saldo
Pre 31 Desember 2006

No
Nama Akun
Debet
Kredit
101
Kas
Rp   8.350.000,00

102
Piutang Usaha
Rp   2.000.000,00

103
Sewa Dibayar Di Muka
Rp   1.500.000,00

104
Bahan Habis Pakai
Rp      700.000,00

151
Peralatan Jahit
Rp     2.00.000,00

201
Utang Usaha

Rp      500.000,00
301
Modal M. Yasin

Rp 10.000.000,00
302
Prive Yasin
Rp   1.100.000,00

401
Pendapatan Jahitan

Rp   7.700.000,00
402
Pendapatan Obras

Rp      250.000,00
501
Beban Gaji
Rp   2.100.000,00

502
Beban Iklan
Rp      400.000,00

503
Beban Listrik dan Telepon
Rp      200.000,00



Rp 18.450.000,00
Rp 18.450.000,00

Daftar Saldo
Untuk mengetahui apakah saldo buku besar umum (ledger) sama dengan saldo buku besar pembantu (subsidiary legger), baik untuk utang maupun piutang, maka dari buku besar pembantu utang dan buku besar piutang dibuatlah daftar saldo utang dan daftyar saldo piutang.

Contoh: Daftar Saldo Piutang
No
Nama Debitur
Debet
Kredit
Saldo
102.1
Toko ABC
Rp 4.500.000,00
Rp 2.000.000,00
Rp 2.500.000,00
102.2
Toko Madura
Rp 4.000.000,00
Rp 4.000.000,00
-


Rp 8.500.000,00
Rp 6.000.000,00
Rp 2.500.000,00

Contoh Daftar Saldo Utang
No
Nama Debitur
Debet
Kredit
Saldo
201.1
PT Surya
Rp 3.000.000,00
Rp 7.500.000,00
Rp 4.500.000,00
201.2
Toko Karimun
Rp 1.000.000,00
Rp 1.000.000,00
-

Buku Besar 2 Kolom


2. Bentuk Buku Besarhttp://belajar.kemdiknas.go.id/images/edukasi/blank.gif

a.
Bentuk Scontro
Bentuk Scontro adalah bentuk buku besar sebelah-menyebelah atau disebut 2 kolom.

Contoh bentuk buku besar 2 kolom adalah sebagai berikut.
http://belajar.kemdiknas.go.id/file_storage/modul_online/MO_70/Image/akt103_14.gif
b.
Bentuk Staffel
Yang dimaksud dengan buku besar bentuk Staffel adalah buku besar berbentuk halaman atau disebut juga buku besar 4 kolom. Bentuk ini terdiri dari sisa debet dan sisa kredit. Adapun bentuk Staffel, perhatikan gambar berikut ini.
http://belajar.kemdiknas.go.id/file_storage/modul_online/MO_70/Image/akt103_15.gif